#SIP SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)

1.Kaitan Sistem Pakar dengan Artifical Intellegence

      Sistem pakar (expert system) merupakan cabang dari aplikasi Artificial Intelligence (AI). Dengan penggunan teknik-teknik kecerdasan buatan (AI), kemampuan-kemampuan yang menunjukkan kecerdasan tersebut dimiliki oleh sebuah sistem pakar (ES).  ES adalah program komputer yang berusaha untuk mewakili pengetahuan keahlian manusia dalam bentuk heuristic. Istilah heuristic berasal dari kata yunani eureka yang berarti menemukan. Heuristik adalah aturan yang menjadi patokan atau aturan untuk menebak dengan baik. heiristic tidak menjamin hasil sebaik algoritme yang biasa didapatkan dalam model matematika, namun heuristik biasanya menawarkan hasil yang cukup spesifik sehingga dapat berguna. heuritik memungkinkan sistem pakar untuk berfungsi sedemikian rupa agar konsisten dengan keahlian manusia, dan menyarankan penggunannya cara memecahkan masalah. karena sistem pakar berfungsi sebagai konsultan, tindakan menggunakan aplikasi ini disebut konsultasi (consultation) karena pengguna berkonsultasi kepada sistem pakar untuk mendapatkan saran.

ke-lg

     Sistem pakar dirancang oleh spesialis informasi (yang sering kali disebut insinyur pengetahuan (knowledge engineer)) yang memiliki khusus dalam bidang kecerdasan buatan. Insinyur pengetahuan amat ahli dalam mendapatkan ilmu dari seseorang ahli.

Perbedaan sistem pakar dengan kecerdasan buatan

  1. sistem pakar menangani masalah yang bersifat realistic complexity yang realistik yang umumnya memerlukan banyak pakar / ahli
  2. sistem pakar mempertunjukkan kemampuan performa yang tinggi (high performance) dalam hal kecepatan dan reliabilitas
  3. sistem pakar harus mampu menjelaskan dan memberikan alasan solusi yang dihasilkan (explaining and justifying solutions) untuk meyakinkan user bahwa cara penalarannya dalah benar.

      Jadi, Sistem pakar mengacu pada  seseorang yang ahli dalam suatu bidangnya atau mengacu pada si perancang itu sendiri sebagai objek dalam menyiapkan suatu sistem guna mendapatkan hasil yang maksimal, sedangkan kecerdasan buatan mengacu pada jalur atau langkah yang berorientasi pada hardware guna mencapai yang maksimal.

2. Contoh dari sistem pakar

a. Eliza

eliza

     Eliza adalah salah satu Sistem Pakar yang paling awal dikembangkan. Ini adalah program komputer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT. Pengguna berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis.

Berikut ini adalah contoh percakapan antara Eliza dengan seorang klien:

Eliza: Hello. I am ELIZA. How can I help you?

Klien: My name is Balza.

Eliza: I have told you before, I do not care about names.

Klien: I don’t have any money. That’s my problem.

Eliza: Why do you say your problem?

Klien: Because you asked me.

Eliza: Do any other reasons not come to mind?

Klien: No.

Eliza: You are being a bit negative.

Klien: Why?

Eliza: Please go on.

Klien: OK. I am bankrupt.

Eliza: How long have you been bankrupt?

Klien: A year.

Eliza: Please go on.

Klien: So, what should I do?

Eliza: Does that question interest you?

Klien: Yes, how can I make big money?

Eliza: You are sure?

Klien: Of course I’m sure.

b. Parry

      Parry adalah Sistem Pakar yang juga paling awal dikembangkan di Stanford University oleh seorang psikiater, Kenneth Colby, yang mensimulasikan seorang paranoid.

Berikut ini contoh respon Parry terhadap pertanyaan seorang psikiater yang

menginterviunya.

Psikiater: Why are you in the hospital?

Parry: I shouldn’t be here.

Psikiater: Who brought you here?

Parry: The police.

Psikiater: What trouble did you have with the police?

Parry: Cops don’t do their job.

Psikiater: What do they do instead?

Parry: Cops arrest the wrong people.

Psikiater: They arrest the right ones sometimes

Parry: The law should get those Italian crooks.

Psikiater: Are you Italian?

Parry: My background is British but I was born in this country.

Psikiater: Do you know any Italian crooks?

Parry: I try to avoid the underworld

c. Nettalk

   Program ini dikembangkan oleh Sejowski di sekolah medis Harvard dan Rosenberg di Universitas Princeton. Dalam program ini, NETtalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras. Model stimulasi jarring neuron ini terdiri atas beberapa ratus unit (neuron) dan ribuan koneksi. Setiap NETtalk membaca sebuah kata, program ini membandingkan pelafalnnya dengan lafal yang benar yang disediakan manusia, kemudian menyesuaikan kekuatannya untuk memperbaiki setiap kesalahan. NetTalk adalah sebuah program yang belajar mengucapkan teks bahasa Inggris yang ditulis dengan menjadi teks yang ditampilkan sebagai masukan dan pencocokan transkripsi fonetik untuk perbandingan

REFERENSI

Achmad, B.A. (2006). Diktat Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Diakses pada tanggal 25 Desember 2015 di http://web.unair.ac.id/admin/file/f_12451_23ssd.pdf

Junior, R.M & Schell, G.P. (2008). Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Jakarta: Salemba empat

Solso, R.L., Maclin, O.H., Maclin, M.K. (2008). Psikologi kognitf edisi kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Diakses tanggal 25 Desember 2015 dari http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2010-2-00250-if%20bab%202.pdf

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a comment