#SIP SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

1. Sistem
Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Robert G. Murdick sistem adalah satu kumpulan dari beberapa bagian atau unsur yang bergabung untuk stuatu tujuan bersama.
Jelaslah bahwa sistem tebukanlah seperangkat unsur yang tersusun secara tak beraturan melainkan terdiri atas unsur-unsur yang dapat saling berkaitan untuk suatu tujuan atausasaran tertentu.

Elemen system terdiri dari:
a. Input
b. Proses
c. Output

system

Sistem mempunyai karakteristik yaitu:
a. Memiliki komponen
b. Memiliki batasan (boundaries)
c. Memiliki lingkungan (environment)
d. Memiliki interface
e. Memiliki input
f. Memiliki output
g. Memiliki pengolah
h. Memiliki sasaran atau tujuan

2. Informasi
a. Menurut Gordon B. Davis informasi adalah data yang telah diproses atau diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimannya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.
b. Menurut Kenneth C. Laudon informasi adalah data yang usdah dibentuk ke dalam formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
c. Menurut Robert G. Murdick informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah atau diproses atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan ataupenerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan.

Informasi
1. Informasi adalah data hasil pengolahan Sistem Informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
2. Infomasi adalah hasil proses atau hasil pengolahan data meliputi : Hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan hasil pengolahan system informasi komputerisasi
3. Informasi adalah segala sesuatu yang ditampilkan oleh komputer dalam sebuah media penampil tersebut diatas, biasanya sebagai hasil dari sebuah proses komputasi.
4. Informasi adalah fakta tersembunyi dibalik himpunan fakta yang sudah dicatat, dan baru diketemukan sesudah diolah atau dicerna
5. Informasi adalah fakta tersirat yang muncul dalam benak teknisi itu sesudah mencermati dan mengolahnya dengan tertib, berdasarkan model yang diyakini sebagai hal yang benar ada dalam keseluruhan persoalan tersebut

Jenis-Jenis Informasi
a. Informasi berdasarkan fungsi adalah informasi berdasarkan materi dan kegunaan informasi. Informasi jenis ini antara lain adalah informasi yang menambah pengetahuan dan informasi yang mengajari pembaca (Informasi edukatif). informasi yang menambah pengetahuan, misalnya, peristiwa-peristiwa bencana alam, pembangunan daerah, kegiatan selebritis, dan sebagainya. Informasi edukatif contohnya tulisan teknik belajar yang jitu, tips berbicara di depan umum, cara jitu menjadi programmer komputer, dan sebagainya.
b. Informasi berdasarkan format penyajian adalah informasi berdasarkan bentuk penyajian informasi. Informasi jenis ini, antara lain berupa foto, karikatur, lukisan abstrak, dan tulisan teks.
c. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa adalah informasi berdasarkan lokasi peristiwa berlangsung, yaitu informasi dari dalam negeri dan informasi dari luar negeri.
d. Informasi berdasarkan bidang kehidupan adalah informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, misalnya pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

3. Sistem Informasi
Menurut John F. Nash sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. sedangkan menurut Henry Lucas sistem Informasi adalah suatu kegiatan dariprosedurprosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Fungsi sistem informasi
1. Membantu individu/kelompok melaksanakan aktivitas
2. Perencanaan
3. Pengorganisasian
4. Pengontrolan
5. Pengambilan keputusan

4. Sistem Informasi Psikologi
Ilmu psikologi sendiri membahas tentang manusia. Sehingga berdasarkan uraian diatas, system informasi psikologi adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi antara manusia dengan fasilitas atau alat teknologi untuk mengolah data yang ada. Dengan kata lain, hal ini dimanfaatkan oleh pelaku psikologi untuk membantu mereka saat penghitungan skor dalam beberapa tes psikologi.Contoh nyata dari pengaplikasian SIP dalam kehidupan adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, dalam hal ini umumnya komputer (komputerisasi alat tes psikologi).

REFERENSI

Dimas. 2013. Pengertian SI (Sistem Informasi). Diakses tanggal 5 Oktober 2015 dari http://www.kompasiana.com/dimasosd/pengertian-si-sistem-informasi_55291077f17e6126268b48b6

Gaol. C.J.L. 2008. Sistem Informasi Manajemen: Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo

Kosasih, E. 2006. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Diakses tanggal 5 Oktober 2015 dari http://blog.dwasum.web.id/2007/07/pengertian-data-informasi-dan-teknologi.html

Diakses tanggal 5 Oktober dari http://bima.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3331/SISTEM%2BINFORMASI.ppt&rct=j&frm=1&q=&esrc=s&sa=U&ved=0CCgQFjADahUKEwi7jYfWx7rIAhVHG44KHQnKBZs&usg=AFQjCNHvuCpZpXivJCfS3rTZLf5M9LMIWQ

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: