PERSON CENTERED THERAPY

Person centered therapy yang dikemukakan oleh rogers adalah untuk membantu pasien lebih menyadari dan menerima dirinya yang sejati dengan menciptakan kondisi-kondisi penerimaan dan penghargaan dalam hubungan terapeutik. Fokus pada terapi adalah pasien. Terapi nondirektif, yakni pasien dan bukan terapis memimpin atau mengarahkan jalannya terapi.

labyrinth

gambar

Prinsip-prinsip Konseling

Berdasarkan pandangan Rogers tentang hakikat konseling berpusat pada person dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  • Konseling berpusat pada person difokuskan pada tanggung jawab dan kesanggupan klien untuk menemukan cara-cara menghadapi kenyataan lebih sempurna.
  • Menekankan pada dunia fenomenal klien, dengan jalan memberi empati dan perhatian terutama pada persepsi klien dan persepsinya terhadap dunianya.
  • Konseling ini dapat diterapkan pada individu yang dalam kategori normal maupun yang mengalami derajad penyimpangan psikologis yang lebih berat.
  • Konseling merupakan salah satu contoh hubungan pribadi yang konstruktif.
  • Konselor perlu menunjukan sikap-sikap tertentu untuk mencipatakan hubungan terapetik kepada klien

Teknik-teknik Konseling

Untuk terapis person centered , kualitas hubungan konseling jauh lebih penting daripada teknis. Rogers percaya bahwa ada tiga kondisi yang perlu dan sudah cukup untuk konseling, yaitu

  • empathy
  • positive regard (acceptance)
  • congruence (genuineness).

Empati adalah kemampuan konselor untuk merasakan bersama dengan klien dan menyampaikan pemahaman ini kembali kepada mereka. Empati adalah usaha berfikir bersama bukan berfikir atau untuk mereka. Rogers mengatakan bahwa penelitian yang ada menunjukan bahwa empati dalam suatu hubungan mungkin adalah faktor yang paling berpengaruh dan sudah pasti merupakan salah satu faktor yang membawa perubahan dan pembelajaran. Positive regard yang dikenal juga sebagai akseptansi adalah genuine caring yang mendalam untuk klien sebagai pribadi- sangat menghargai klien karena keberadaannya. Kongruensi adalah kondisi transparan dalam hubungan teraupetik dengan memakai topeng atau pulasan-pulasan). Menurut Rogers perubahan kepribadian yang positive dan signifikan hanya bisa terjadi di dalam suatu hubungan.

REFERENSI

Semium, Y.OFM. 2006. Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Kanisius

McLEOD, John. 2006. Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: