PENGORGANISASIAAN STRUKTUR ORGANISASI (1)

        1.Definisi Pengorganisasian
Pengorganisasian (organizing) adalah mengumpulkan dan mengoordinasikan manusia, keuangan, hal-hal fisik, hal yang bersifat     informasi dan sumber daya lainnya yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisai. Aktivitas-aktivitas pengorganisasian termasuk menarik orang-orang ke dalam perusahaan, menentukan tanggung jawab pekerjaan, mengelompokan pekerjaan-pekerjaan ke dalam unit kerja, menyusun dan mengalokasikan sumber-sumber daya serta menciptakan kondisi-kondisi yang memungkinkan orang-orang dalam hal-hal lainnya bekerja sama untuk mencapai kesuksesan maksimum.

 
Definisi pengorganisasian menurut para tokoh:
a. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
b. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
d. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
e. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

 

        2. Definisi Struktur Organisasi
Struktur organisasi dapat diartikan sebagai susunan dan hubungan antara bagian dan posisi dalam perusahaan. Struktur Organisasi menjelaskan pembgaian aktivitas kerja, serta memperhatikan hubungan fungsi dan aktivitas sampai batas-batas tertentu. Selain itu, struktur organisasi memperlihatkan tingkat spesialisasi aktivitas tersebut. Struktur organisasi juga menjelaskan hirarki dan susunan kewenagan serta hubungan pelaporan. Dengan adanya struktur organisasi maka stabilitas dan komunitas organisasi bisa tetap bertahan

 

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan struktur organisasi:

  • Strategi dan struktur organisasi.
    Strategi organisasi merupakan tindak-lanjut dari visi, misi dan tujuan perusahaan akan menentukan bagaimana jalur wewenang dan saluran komunikasi diatur antara para manajer dan bagian bawahnya.
  • Teknologi sebagai penentu struktur.
    Bentuk teknologi yang digunakan organisasi akan mempengaruhi cara pengaturan organisasi
  • Manusia sebagai penentu struktur.
    Orang-orang yang terlibat dalam aktivitas suatu organisasi akan mempengaruhi struktur organisasi bersangkutan.
  • Ukuran dan struktur.
    Ukuran organisasi mnyeluruh maupun sub-unitnya akan mempengaruhi struktur.

 

untitled3

       

           3. Pengorganisasian sebagai Fungsi Manajemen

Organisasi terbagi atas 2 struktur yaitu:

  • Struktur formal didasarkan pada hubungna interpersonal, direncenakan dan dipublikasikan melalui grafik organisasi, memberikan kerangka kerja untuk mendefinisikan autoritas manajerial, tanggung jawab dan tanggung gugat.
  • Struktur informal didasarkan pada hubungan interpersonal, tidak direncanakan dan mungkin disembunyikan, biasanya tidak dibuat grafik tetapi mungkin dibuat grafik melalui penggunaan sosiogram

REFERENSI

Bateman, Thomas S & Scott A. Snell. 2007. Kepemimpinan dan Koloborasi dalam Dunia yang Kompetitif. Jakarta: Salemba Empat

Umar, Husein. 2000. Bussines An Introduction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Swansburg, Russel C. 1995. Pengembangan Staff Keperawatan . Jakarta: EGC

http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: