KEPRIBADIAN SEHAT MENURUT ALPORT

Menurut Alport manusia yang sehat memiliki kebutuhan akan sensasi-sensasi dan tantangan-tantangan yang bervariasi. Orang yang sehat didorong ke depan oleh suatu visi masa depan dan visi itu dengan tujuan-tujuan khusus mempersatukan kepribadian dan membawa orang itu kepada tingkat-tingkat tegangan yang bertambah. Kepribadian yang matang tidak dikontrol oleh trauma ataupun konflik pada masa kanak-kanak. Pusat dari kepribadian kita adalah intensi-intensi kita yang sadar dan sengaja, misalnya harapan, aspirasi dan impian. Motivasinya lebih kepada mencari kepuasaan yang lebih tinggi tingkatannya setelah salah satu tujuan telah terpenuhi.
Kriteria kepribadian yang sehat menurut Alport:

  1. Perluasan diri sendiri, Orang menjadi matang, dia mengembangkan perhatian-perhatian di luar diri.
  2. Hubungan diri yang hangat dengan orang-orang lain, Orang yang sehat secara psikologis mampu memperlihatkan keintiman-keintiman atau cinta serta simpati dan empati terhadap orang lain.
  3. Keamanan emosional, Kepribadian yang sehat mampu menerima semua segi dari apa yang ada pada diri mereka, termasuk kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan.
  4. Persepsi realistis, Orang yang sehat memandang dunia mereka secara objektif.
  5. Keterampilan-keterampilan dan tugas, Orang yang berjiwa sehat menggunakan keterampilan-keterampilan secara ikhlas, antusias, melibatkan dan menempatkan diri sepenuhnya dalam pekerjaan kita.
  6. Pemahaman diri, Memahami tentang hubungan atau perbedaan antara gambaran tentang diri yang dimiliki seseorang dengan dirinya menurut keadaan yang seseungguhnya.
  7. Filsafat hidup yang mempersatukan, Orang yang berjiwa sehat memiliki pandangan hidup dan nilai-nilai diri sendiri dalam menjalani hidup dan mengambil keputusan. Bukan berdasarkan nilai-nilai dan pandangan orang lain.

 

Contoh kasus berdasarkan teori kepribadian sehat menurut Alport
Menyebut kata go international, kemungkinan besar di benak pecinta dunia entertainment Indonesia akan mengingat satu nama, Agnes Monica. Agnes Monica diketahui sudah lama ingin mewujudkan mimpinya untuk go international. Memulai kariernya sebagai seorang penyanyi cilik, Agnes Monica atau kini tenar dengan nama Agnez MO konsisten untuk terus barkarya di panggung musik. Bahkan, seiring berjalannya waktu Agnez mampu mewujudkan impiannya merambah industri musik internasional.
Banyak yang menyebut dengan nada mencibir bahwa Agnez terlalu terobsesi untuk bisa menjadi penyanyi kelas dunia, tetapi agnes hanya menanggapi dengan “Ini passion aku. Aku sangat ingin maju ke langkah berikutnya. Aku suka belajar, aku menghargai proses. Aku nggak percaya sama efek soda yang wah terus gitu aja kelar,”. Tak heran, meski banyak menuai sindiran dari para haters, wanita yang berhasil menembus industri musik Internasional lewat single Coke Bottle tersebut tetap teguh dalam mempertahankan komitmennya.Hal itu juga terbantu oleh para fans dan keluarga yang selalu mendukungnya.
Yang patut diteladani dari seorang Agnes Monica adalah kepercayaan pada mimpi. Motonya yang populer Dream, Believe and Make It Happen menjadi acuan bagi dirinya sendiri dan para fansnya bahwa mimpi itu adalah sesuatu yang bisa menjadi nyata. Ketika mengeluarkan statement ingin menjadi artis yang go international, Agnes Monica berjuang keras meraih mimpinya. Dalam setiap aksi panggungnya, Agnes selalu total dalam memberikan persembahan yang terbaik dan berkualitas.
Demi mengejar cita-citanya menjadi penyanyi yang go international, Agnes Monica rela bolak balik Indonesia- Los Angeles (Los Angeles). Di Indonesia untuk mempertahankan eksistensinya sebagai penyanyi Indonesia yang selalu ditunggu kehadirannya. Di Los Angeles, kota yang diyakini Agnes Monica sebagai kota tujuan para bintang yang ingin berkiprah di dunia internasional, Agnes Monica dikabarkan banyak berlatih vocal dan dance untuk karirnya sebagai penyanyi internasional dan dalam proses rekaman untuk album internasionalnya yang pertama.
Agnes Monica setidaknya sudah melakukan duet dengan beberapa penyanyi internasional. Selain berduet dengan para penyanyi internasional tersebut, Agnes Monica meraih berbagai penghargaan internasional diantaranya pada tahun 2008 dan 2009, Agnes Monica berjaya meraih penghargaan The Best Asian Artist dan The Best Performance di Seoul, Korea Selatan. Kemudian meraih tujuh penghargaan dalam JpopAsia International Music Awards 2010. Belum cukup sampai di situ, Agnes Monica juga berhasil meraih penghargaan untuk nominasi sebagai Worldwide Act Asia Pasific pada MTV Europe Music Awards 2011. Agnes Monica juga menjadi nominator kategori Favorite Asian Act di American Nickleodeon Kids Choice Awards 2012.
Meski sudah banyak pencapaian di industri musik, penyanyi berumur 27 tahun itu tak mau berhenti belajar. Ia pun terus berusaha untuk terus mengembangkan dirinya dan menggapai cita-citanya menjadi penyanyi internasional.

Dari kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa Agnes monica termasuk dalam orang-orang yang memiliki kepribadian sehat menurut teori Alport. Agnes monica memiliki visi, harapan dan motivasi untuk menggapai mimpi-mimpinya yang belum terwujud, memahami kelebihan-kelebihan yang ada pada dirinya sehingga Ia dapat mengembangkan kelebihan tersebut untuk mencapai cita-citanya, Ia memiliki jiwa sehat karena memiliki pandangan hidup dan nilai-nilai diri sendiri dalam menjalani hidup dan mengambil keputusan bukan berdasarkan nilai-nilai dan pandangan orang lain. Agnes monica tidak peduli pada hatters yang mencemooh tentang mimpinya untuk go internasional, Ia tetap konsisten untuk meraih mimpinya.

REFERENSI:
http://hot.detik.com/music/read/2014/04/08/112648/2548739/228/dinilai-terlalu-obsesi-jadi-penyanyi-dunia-agnez-mo-ini-passion-aku
http://hiburan.kompasiana.com/musik/2012/07/29/belajar-mewujudkan-mimpi-bersama-agnes-monica-481564.html

 

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: