Ilmu Alamiah dan Teknologi Masa Depan Sehubungan dengan Kelangsungan Hidup Manusia

Pemanfaatan Energi Biogas

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya: kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

Biogas sebagian besar mengandung gas metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2), dan beberapa kandungan yang jumlahnya kecil diantaranya hydrogen sulfida (H2S) dan ammonia (NH3) serta hydrogen dan (H2), nitrogen yang kandungannya relatif kecil.

Beberapa keuntungan dalam penggunaan biogas :

  1. Biogas merupakan energi tanpa menggunakan material yang masih memiliki manfaat termasuk biomassa sehingga biogas tidak merusak keseimbangan karbondioksida yang diakibatkan oleh penggundulan hutan (deforestation) dan perusakan tanah
  2. Energi biogas dapat berfungsi sebagai energi pengganti bahan bakar fosil sehingga akan menurunkan gas rumah kaca di atmosfer dan emisi lainnya.
  3. Metana merupakan salah satu gas rumah kaca yang keberadaannya duatmosfer akan meningkatkan temperatur, dengan menggunakan biogas sebagai bahan bakar maka akan mengurangi gas metana di udara.
  4. Limbah berupa sampah kotoran hewan dan manusia merupakan material yang tidak bermanfaaat, bahkan bisa menngakibatkan racun yang sangat berbahaya. Aplikasi anaerobik digestion akan meminimalkan efek tersebut dan meningkatkan nilai manfaat dari limbah.
  5. Selain keuntungan energi yang didapat dari proses anaerobik digestion dengan menghasilkan gas bio, produk samping seperti sludge. Meterial ini diperoleh dari sisa proses anaerobik digestion yang berupa padat dan cair. Masing-masing dapat digunakan sebagai pupuk berupa pupuk cair dan pupuk padat.

 

Salah satu desa yang memanfaatkan energi biogas:

Warga Desa Metan, Sukoharjo, Jawa Tengah  mempunyai cara unik untuk menjaga kesehatan lingkungan kampung mereka. Kampung perternakan yang  biasa kotor ini menjadi bersih, karena sebagian warga disini mengubah limbah kotoran sapi menjadi biogas yang mereka bisa manfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak. Desa Metan di Sukoharjo, Jawa Tengah dahulu tidak seperti ini, kumuh dan kotor dengan limbah kotoran sapi. Maklum saja, karena desa ini merupakan kampung para peternak sapi. Kampung ini menjadi bersih karena sejumlah warga disini mengubah kotoran sapi menjadi biogas, yang mereka butuhkan untuk memasak.

Proses pembuatan sangat sederhana, kotoran sapi yang menumpuk dicampur air lalu dimasukkan kedalam bak penampungan. Endapannya menghasilkan biogas dan bisa langsung digunakan untuk memasak dengan menggunakan kompor khusus.

Banyak warga disini yang sudah memanfaatkan biogas ini, karena bisa mengurangi beban membeli minyak tanah atau gas elpiji. Dengan cara seperti ini warga di Desa Metan, Sukoharjo mendapat 2 keuntungan, lingkungan menjadi bersih dan sehat, sekaligus mendapatkan bahan bakar yang murah.

Komentar terhadap Energi Biogas:

Energi biogas ini merupakan energi alternatif yang terbaik dan sederhana dalam pembuatannya, khususnya untuk masyarakat pedesaan yang memiliki peternakan. Dalam pemanfaatan biogas ini, banyak keuntungan yang didapat oleh masyarakat, salah satunya seperti warga Desa Metan, Sukoharjo, Jawa Tengah yang sudah diuraikan diatas. Pengggunaan biogas ini masih sangat perlu dikembangkan dan disosialisasikan agar masyarakat di daerah lain dapat menggunakan energi ini.

Referensi:

http://majalahenergi.com/forum/energi-baru-dan-terbarukan/bioenergy/biogas

http://www.indosiar.com/fokus/warga-desa-metan-ubah-kotoran-sapi-jadi-biogas_79122.html

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: