Keindahan Sebuah Seni

Keindahan adalah suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Sehingga pengertian keindahan dapat saja meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral, keindahan intelektual.

Cara-cara untuk mengetahui suatu keindahan

1.   Renungan

Setiap hasil seni lahir dari hasil renungan. Tanpa direnungkan hasil seni tidak mencapai keindahan. Renungan atau pemikiran yang berhubungan dengan keindaban atau periciptaan keindahan didasarkan atas tiga macam teoriti ialah teori pengungkapan, teori metafisika, dan teori psikologis.

2.   Keserasian

Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah. Karena itu sebagian ahli pikir berpendapat, bahwa keindahan ialah sejumlah kualita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal.

3.   Kehalusan

kehalusan dapat menunjukan nilai keindahan seseorang dan sikap kasar bisa mengurangi nilai keindahan dari seseorang.

Contoh dari keindahan sebuah seni adalah Graffiti. Grafiti adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.

Fungsi dari sebuah Graffiti adalah sebagai berikut :

  • Bahasa rahasia kelompok tertentu.
  • Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
  • Sarana pemberontakan.
  • Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.

Dari segi keindahan kota,Graffiti memang mengotori tembok-tembok kota dan harus mengeluarkan dana yang tinggi untuk memperbaiki fasilitas umum. Tetapi jika dilihat dari segi seni, Graffiti memiliki nilai artistik yang sangat tinggi dan harus mendapat apresiasi/media agar Graffiti dapat ditempatkan dengan layak untuk dinikmati keindahannya.

Pendeskripsian tentang Graffiti dimata bomber (sebutan untuk pelukis graffiti) dan dimata masyarakat dapat dilihat dalam tayangan video ini.

http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/video.php?file_video=warna_warni_tembok_grafity.flv

Komentar untuk video tersebut: video ini sudah cukup bagus karna dibuat dengan sangat nyata tanpa rekayasa dan berdasarkan kontroversi yang ada pada masyarakat. Tanggapan masyarakat dalam video tersebut sangat spontanitas tanpa diatur oleh pembuat video.  Kita dapat mengetahui secara langsung tujuan para bomber menghiasi tembok-tembok kota dan tanggapan masyarakat dengan kehadiran Graffiti. Tetapi backsound yang dipakai dalam video tersebut terlalu keras sehingga dialog-dialog para pelaku pembicara tidak terdengar jelas karena tersamarkan oleh musik itu sendiri.

Sumber :

(buku paket elektronik (e-book) ILMU BUDAYA DASAR)

http://id.wikipedia.org/wiki/Grafiti

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/keindahan-seni/

About Rizky Amelia

Rizky Amelia. 20 years old. I am a psychology student. Everything about psychology and fashion is my favourite. I am chubby because I eat a lot!! View all posts by Rizky Amelia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: